Kerja sama antara BUMD dan PT.pelindo 1 akan berdampak sangat baik untuk pertumbuhan ekonomi di wilayah kota Dumai

Senin, 16 November 2020

DUMAI (DNC) - Lebih dari seminggu telah berlalu sejak penandatanganan nota kesepahaman antara Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dengan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) antara Pelindo I Cabang Dumai dan PT. Port Dumai Berseri (PDB) serta PT. Pengembangan Dumai (PD) dalam hal pengelolaan depo peti kemas banyak berharap ini menjadi salah satu kerjasama yang akan membawa Dumai menjadi kota jasa bahkan perdagangan terbesar di Negeri Lancang Kuning ini.

Nurul Amin sebagai Direktur Pt. PDB merespon dengan sangat baik bentuk kerjasama yang tertuang dalam nota kesepahaman ini.

“Dengan adanya MoU antara PDB dan PD membuat kami bersinergi dan melakukan MoU dengan Pelindo, kami berharap ini menjadi salah satu peluang pemulihan ekonomi kami di sektor pelabuhan,” kata Nurul Amin.

“Semoga kerjasama ini bisa secepatnya dan sesuai dengan rencana,” imbuhnya.

Diketahui Pelindo I Cabang Dumai sendiri telah berhasil menerima kapal pengemas internasional yang bersandar beberapa hari yang lalu, Nurul Amin menilai ini merupakan tawaran kita untuk memulai kerjasama sebagaimana dimaksud.

“Kenapa kita berharap bisa berjalan secepatnya, karena di Pelindo sendiri sudah mulai ada pesaing pengiriman dari luar negeri. Untuk itu perlu adanya kerjasama sinergis dari BUMN dan BUMD,” ujarnya.

Di sisi lain, Drs. Muhammad Yunus, Kepala Bidang Administrasi Perekonomian, Sekretaris Kota Dumai, mengatakan pembinaan BUMN merupakan tanggung jawab BUMN yang berada di daerah tersebut.

“Merupakan tanggung jawab sosial bagi BUMN untuk membangun BUMN di daerah,” kata Yunus melalui pesan singkat Whatsapp Senin 16/11/2020.

“Wujud dari tanggung jawab tersebut dapat diwujudkan melalui program kolaboratif di bidang CSR dan pengembangan bisnis yang berpotensi menumbuhkan perekonomian,” imbuhnya.

Mengenai kerjasama diatas, Yunus Menilai hal ini akan berdampak sangat baik bagi peningkatan status ekonomi Kabupaten.

Kerjasama antara Pelindo I Cab. Dumai dengan BUMD kita, hal ini tentunya akan berdampak sangat baik terhadap pertumbuhan ekonomi wilayah kota Dumai, BUMD kota Dumai akan mampu mengembangkan bisnis, pendapatan meningkat, dapat merekrut lebih banyak lagi yang naker di kota Dumai, kemudian sektor-sektor. Bisnis lain juga berpotensi untuk dikelola / digarap, ”jelasnya. ( Rls)